“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56)
Kisah-Kisah Teladan

Exchange Links/Tukeran Links

Exchange Links: Tempat Exchange Links

Kamis, 08 Oktober 2009

Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya

Kemudian dtglah orang berduyun-duyun dari kota dan desa-desa pinggiran Mesir, bahkan dari negara-negara yang berhampiran Mesir yang sudah kekurangan bhn makanan bagi rakyatnya. Mrk dtg bagi mengharapkan pertolongan Nabi Yusuf untuk memberi kesempatan membeli gandum serta lain-lain bhn mknan yang masih tersedia dalam gudang-gudang pemerintah.

Di antara para pendatang yang ingin berbelanja di Mesir terdapat rombongan orang-orang Palestin, termasuk di antara mrk ialah saudara-saudara Nabi Yusuf sendiri, ialah penyebab utama bagi penderitaan yang telah di alaminya. Nabi Yusuf segera mengenal mereka tetapi sebaliknya mrk tidak mengenal akan Nabi Yusuf yang pernah dilemparkan ke dalam telaga. Bahkan tidak terlintas dalam fikiran mrk bahwa Yusuf masih hidup, apa lagi menjadi orang besar memimpin negara Mesir sebagai wakil Raja yang berkuasa mutlak.
Atas pertanyaan Nabi Yusuf berkatalah jurucakap rombongan putera-putera Ya'qub: "Wahai Paduka Tuan, kami adalah putere-putera Ya'qub yang kesemuanya adalah dua belas orang Yang termuda di antara kami putera ayah yang bongsu kami tinggalkan rumah untuk menjaga ayah kami yang talah lamjut usia dan buta pula. Seorang saudara lain telah lama meninggalkan rumah dan hingga kami tidak mengetahui di mana dia berada. Kami datang kemari atas perintah ayah kami, agar memohon pertolongan dna bantuan Paduka Tuan yang budiman, kiranya dpt memberi kesempatan memperkenankan kami membeli gandum dari pesediaan pemerintahan tuan, bagi memenuhi keperluan kami yang sgt mendesak, sehubungan dengan krisis bhn makanan yang menimpa daerah kami."
Berkata Nabi Yusuf menjawab keterangan-keterangan saudaranya itu: "Sesungguhnya kami meragukan identiti kamu dan menyangsikan keteranganmu ini. Kami tidak dpt mengabaikan adanya kemungkinan bahwa kamu adalah mata-mata yang dikirim oleh musuh-musuh kami untuk mengadakan kekecohan dan kekacauan di negeri kami karenanya kami menghendaki memberi bukti-bukti yang kuat atas kebenaran kata-katamu atau membawa saksi-saksi yang kami percaya bahwa kamu adalah beul-betul putera-putera Ya'qub."
"Paduka Tuan Yang bijaksana", menyambut jurucakap itu, "Kami adalah orang-orang musafir gharib di negeri tuan, tidak seorang pun di sini mengenal kami atau kami kenal, maka sukar sekali bagi kami pada masa ini memberi bukti atau membawa saksi sebagaimana Paduka Tuan serukan. Maka kami hanya berpasrah kepada Paduka Tuan untuk memberi jalan kepada kami dengan cara bagaimana kami dpt memenuhi seruan paduka itu."

"Baiklah", Nabi Yusuf berkata, "Kali ini kami memberi kesempatan kepada kamu untuk membeli gandum dari gudang kami secukupnya keperluaan kamu sekeluarga dengan syarat bahwa kamu harus kembali kesini secepat mungkin membawa saudara bongsumu yang kamu tinggalkan dirumah. Jiak syarat ini tidak dipenuhi, maka kami tidak akan melayani keperluan kamu akan gandum untuk masa selanjutnya." Berkata abang kepada Yusuf yang tidak mengenalkannya itu:
"Paduka Tuan kami mengira bahwa ayah kami tidak akan mengizinkan kami membawa adik bongsu kami ke sini, karena ia adalah kesayangan ayah kami yang sangat dicintai dan dia adalah penghibur ayah yang menggantikan kedudukan saudara kami Yusuf, sejak ia keluar dari rumah menghilangkan tanpa meninggalkan bekas. Akan tetapi bagaimana pun untuk kepentingan kami sekeluarga, akan kami usahakan sedapat mungkin memujuk ayah agar memngizinkan kami membawa adik kami Benyamin ke mari dalam kesempatan yang akan datang."
Sejak awal Nabi Yusuf melihat wajah-wajah saudaranya yang dtg memerlukan gandum, tidak ada niat sedikit pun dalam hatinya hendak mempersukarkan missi mrk sebagai balas dendam atas perbuatan yang mrk telah lakukan terhadap dirinya. Soal jawab yang dilakukan dengan mrk hanya sekadar ingin mengetahui keadaan ayah dan adik bongsunya, Benyamin yang sudah bertahun-tahun ditinggalkan dan hanya sekadar taktik untuk mempertemukan kembali dengan ayah dan saudara-saudaranya yang sudah lama terpisah.
Kemudian Nabi Yusuf memerintahkan pegawai-pegawainya mengisi karung-karung saudaranya dengan gandum dan bhn makanan yang mrk perlu. Sedang brg-brg emas dan perak yang mrk bawa untuk harga gandum dan bhn makn itu, diisikan kembali ke dalam karung-karung mrk secara diam-diam tanpa mrk ketahui.
Setibanya kembali di Palestin berceritalah mrk kepada ayahnya Ya'qub tentang perjalanan mrk dan bagaimana Yusuf menerima mrk, yang dipujinya sebagai penguasa yang bijaksana, adil, sabar, rendah hati dan sangat ramah-tamah. Tanpa sedikit kesukaran pun mrk telah diberikan hajat mrk dari gandum yang diisikan sekali oleh pegawai-pegawai Yusuf ke dalam karung mrk.Disampaikan pula oleh mrk kepada ayahnya, bahwa mrk diharuskan oleh Yusuf membawa adik bongsu mrk ke Mesir, bila mrk dtg lagi untuk membeli gandum dan bhn mknan. Tanpa membawa adik termaksud, mrk tidak akan dilayani dan diperkenankan membeli gandum yang mrk perlukan. Karenanya mrk dari jauh-jauh mohon agar mrk diperkenankan membawa adik mrk Benyamin bila mrk harus kembali ke Mesir untuk membeli gandum.
Berkata Nabi Ya'qub serta merta setelah mendengar cerita putera-puteranya:

"Tidak,sesekali tidak akanku berikan izinkan kepadamu untuk membawa Benyamin jauh drpku. Aku tidak akan mempercayakan Benyamin kepadamu setelah apa yang terjadi dengan diri Yusuf adikmu.Kamu telah berjanji akan menjaganya baik-baik, bahkan sanggup mengorbankan jiwa-ragamu untuk keselamatannya.

Akan tetapi apa yang telah terjadi adalah sebaliknya. Kamu pulang ke rumah dalam keadaan selamat, sedang adikmu Yusuf, kamu lepaskan menjadi mangsa serigala. Cukuplah apa yang telahku alami mengenai diri Yusuf dan janganlah terulang lagi kali ini mengenai diri Benyamin".
Ketika karung-karung yang dibawa kembali dari Mesir dibongkar, ternyata didalamnya terdpt barang-barang emas dan perak yang telah mrk bayarkan untuk harga gandum yang dibeli. Maka seraya tercengang bercampur gembira, berlari-larilah mrk menyampaikan kehairanan mrk kepada ayahnya. Mereka berkata: "Wahai ayah! KAmi tidak berdusta dalam cerita kami tentang itu penguasa Mesir orang baik hati. Lihatlah brg-brg emas dan perak yang telah kami bayarkan untuk ganti gandum yang kami terima, dipulangkan kembali ke dalam karung-karung kami tanpa kami mengetahui. Jadi apa yang kami bawa ini adalah pemberian percuma dari penguasa Mesir yang sgt murah hati itu."
Dengan diperolehnya gandum, bantuan percuma dari putera yang tidak mrk kenali, keluarga Ya'qub menjadi tenang dan merasa buat beberapa waktu, bahwa api didapur rumah akan tetap menyala. akan tetapi persediaan yang terbatas itu tidak bertahan lama jika tidak disusul dengan pengisian stok baru selama musim kemarau belum berakhir. Demikianlah maka Nabi Ya'qub yang melihat persediaan gandumnya makin hari makin berkurangan sedangkan tanda-tanda krisis makanan belum nampak, terpaksalah ia mengutus putera-puteranya kembali ke mesir untuk memperoleh bekalan untuk kedua kalinya dari Yusuf wakil Raja negeri itu. Dan karena putera-putera Ya'qub tidak akan berangkat ke Mesir tanpa Benyamin, sesuai janji mrk kepada Yusuf, maka terpaksa pulalah Ya'qub mengikut sertakan putera bongsunya Benyamin dalam rombongan abg-abgnya.
Dengan iringan doa serta nasihat si ayah, berangkatlah kafilah putera-putera Ya'qub yang terdiri dari sebelas orang Setiba mrk diperbatasan kota berpisahlah menjadi beberapa kelompok memasuki kota dari arah yang berlainan sesuai dengan pesan ayah mrk untuk menghindari timbulnya iri hati penduduk serta prasangka dan tuduhan bahwa mrk adalah mata-mata musuh.
Setibanya di istana kerajaan mrk diterima oleh adik mereka sendiri Yusuf yang belum mrk kenal kembali, dengan penuh ramah-tamah dan dihormati dengan jamuan makan. Bagi mrk disediakan tempat penginapan untuk setiap dua orang sebuah rumah, sedang adik bongsu Yusuf, Benyamin diajak bersamanya menginap didalam istana.
Sewaktu berada berduaan dengan Yusuf, Benyamin mencucurkan airmata seraya berkata kepada abangnya yang belum dikenal kembali: "Andaikan abgku Yusuf masih hidup, nescaya engkau akan menempatkan aku bersamanya di sebuah rumah tersendiri sebagaimana saudara-saudaraku yang lain." Yusuf lalu menghiburkan hati adiknya dengan kata-kata: "Sukakah engkau bila aku menjadi abgmu menggantikan abgmu yang hilang itu?" Benyamin menjawab: "Tentu namun sayang sekali bahwa engkau tidak dilahirkan oleh ayahku Ya'qub dan ibuku Rahil."
Mendengar kata-kata si adik yang merawankan hati itu, bercucurlah air mata Yusuf, lalu memeluk adiknya sambil mengaku bahwa dia adalah Yusuf, abgnya yang hilang itu. Ia menceritakan kepada adiknya penderitaan -penderitaan yang telah dialami sejak ia dicampakkan ke dalam perigi , diperjual-belikan sebagai hamba sahaya, ditahannya dalam penjara selama bertahun-tahun tanpa dosa dan akhirnya berkat rahmat dan kurniaan Tuhan diangkatlah ia sebagai wakil raja yang berkuasa mutlak. Yusuf mengakhiri beritanya dengan berpesan kepada adiknya, agar merahsiakan apa yang telah ia dengarkan dan jangan sampai diketahui oleh saudara-saudaranya yang lain.
Alangkah gembiranya Benyamin mendengar cerita abgnya yang selalu dikenangnya sejak ia hilang meninggalkan rumah bersama-sama saudara-saudaranya berkelah beberapa tahun yang lalu. Ia segera memeluk abangnya kembali seraya berkata: "Aku tidak dapat bayangkan betapa gembiranya ayah bila ia mendengar bahwa engkau masih hidup dalam keadaan segar bugar, sihat afiat, menguasai suatu kerajaan besar, tinggal didalam istana yang diliputi oleh segala kemewahan dan kemegahan. Sebab sejak engkau menghilang ayah kami tidak pernah terlihat gembira. Ia selalu diliputi oleh rasa sedih dan duka, tidak pernah sedikit pun bayanganmu terlepas dari ingatannya. Demikianlah keadaan ayah kami hai Yusuf sejal engkau menghilangkan rumah dan menghilang, sampai-sampai menjadi putih matanya karena kesedihan dan tangisnya yang tidak ada hentinya."
Kisah pertemuan Yusuf dengan saudaranya dikisahkan dalam Al-Quran pada surah "Yusuf" ayat 58 sehingga 69 yang bermaksud :~

"58.~ Dan saudara-saudara Yusuf dtg {ke Mesir} lalu mrk masuk ke {tempat}nya. Maka Yusuf mengenal mrk, sedang mrk tidak kenal {lagi} kepadanya.59.~ Dan tatkala Yusuf menyiapkan bhn mknannya, ia berkata: "Bawalah kepadaku saudaramu yang seayah dengan kamu {Benyamin}, tidaklah kamu melihat bahwa aku menyempurnakan sukatan dan aku adalah sebaik-baik penerima tamu? 60.~ Jika kamu tidak membawanya kepadaku, maka kamu tidak akan mendapat sukatan lagi drpku dan jgn kamu mendekatiku".61.~ Mrk berkata: "Kami akan memujuk ayah kami untuk membawanya {ke mari} dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya".62.~ Yusuf berkata kepada bujang-bujangnya: " Masukkanlah brg-brg {penukar kepunyaan} mrk ke dalam karung-karung mrk, spy mrk mengetahui apabila mrk telah kembali kepada keluarganya, mudah-mudahan mrk kembali lagi".63.~ Maka tatkala mrk telah kembali kepada ayah mrk {Ya'qub}, mrk berkata: " Wahai ayah kami, kami tidak mendpt sukatan {gandum} lagi, {jika todak membawa saudara kami}, sebab itu biarkanlah saudara kami {Benyamin} pergi bersama kami supaya kami mendpt sukatan dan sesungguhnya kami akan benar-benar menjaganya".64.~ Berkata Ya'qub: "Bagaimana aku akan mempercayakannya {Benyamin} kepadamu, kecuali seperti aku telah mempercayakan saudaranya {Yusuf} kepada kamu dahulu?" Maka Allah adalah sebaik-baik penjaga dan Dia adalah Mahga Penyayang di antara para penyayang.65.~ Tatkala mrk membuka brg-brgnya, mrk menemukan kembali brg-brg {penukaran} mrk dikembalikan kepada mrk. Mrk berkata: "Wahai ayah kami, apa lagi yang kami inginkan. Ini brg-brg kami dikembalikan kepada kami dan kami akan dpt memberi makan keluarga kami dan kami akan dpt memelihara ksaudra kami dan kami akan mendapat tambahan sukatan {gandum} seberat seekor unta. Itu adalah sukatan yang mudah {bagi Raja Mesir}".66.~ Ya'qub berkata : "Aku sesekali tidak akan melepaskannya {pergi} bersama-sama kamu sebelum kamu memberikan janji yang teguh atas nama Allah bahwa kamu akan pasti membawanya kepadaku kembali, Kecuali jika kamu dikepung musuh ". Tatkala mrk memberi janji mrk, maka Ya'qub berkata: "Allah adalah saksi terhadap yang kami ucapkan {ini}".67.~ Dan Ya'qub berkata: " Hai anak-anakku, janganlah kamu masuk bersama-sama dari satu pintu gerbang dan masuklah dari pintu gerbang yang berlainan namun demikian aku tidak dpt melepaskan kamu brg sedikit pun daripada {takdir} Allah. Keputusan menetapkan {sesuatu} hanyalah hak Allah; kepada-Nya aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri".68.~ Dan tatkala mrk masuk menurut yang diperintahkan ayah mrk ,maka {cara yang mrk lakukan itu} tiadalah melepaskan mrk sedikit pun daripada {takdir} Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan , karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Akan tetapi kebanyakkan manusia tidak mengetahui.69.~ Dan tatkala mrk masuk ke {tempat} Yusuf, Yusuf membawa saudaranya {Benyamin} ke tempatnya. Yusuf berkata: "Sesungguhnya aku {ini} adalah saudaramu,maka janganlah kamu berdukacita terhadap apa yang mrk telah lakukan."

514 komentar:

1 – 200 dari 514   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

ambien medication ambien cr generic fda - generic drug for ambien cr

Anonim mengatakan...

tramadol generic buy tramadol online us - get prescription online tramadol

Anonim mengatakan...

buy cheap xanax xanax dosage for anxiety attacks - xanax trip

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam side effects dosage - can get high diazepam

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam 10mg tab mylan - diazepam dosage kids

Anonim mengatakan...

is it illegal to buy xanax online 1mg xanax xr - xanax 721

Anonim mengatakan...

xanax order no prescription can you order xanax online legally - xanax dosage kids

Anonim mengatakan...

buy xanax online overnight mouth swab drug test xanax - xanax withdrawal gaba supplements

Anonim mengatakan...

buy diazepam online where can i buy diazepam online - diazepam versus xanax

Anonim mengatakan...

buy phentermine buy legit phentermine online - phentermine tramadol interaction

Anonim mengatakan...

pharmacokinetics of diazepam side effects drug diazepam - buy diazepam generic valium

Anonim mengatakan...

diazepam buy where can i buy diazepam online usa - venta de diazepam online

Anonim mengatakan...

buy phentermine online phentermine prescription - phentermine online with prescription

Anonim mengatakan...

diazepam is valium diazepam dosage alcohol withdrawal - diazepam kwikmed

Anonim mengatakan...

cheap diazepam online large dosage diazepam - cheapest diazepam online

Anonim mengatakan...

buy xanax online without prescription buy xanax legally online - buy xanax online video

Anonim mengatakan...

ambien for sale online is it legal to buy ambien online - ambien online with no prescription

Anonim mengatakan...

zolpidem 10 mg ambien cr europe - what does ambien high feel like

Anonim mengatakan...

phentermine online phentermine online canada - buy phentermine online without a rx

Anonim mengatakan...

ambien drug buy generic ambien online no prescription - sleep medication better than ambien

Anonim mengatakan...

cheap zolpidem ambien uds - ambien overdose liver

Anonim mengatakan...

can you buy xanax online legally xanax 2mg strongest - xanax dosage- yellow bars

Anonim mengatakan...

ambien online no prescription generic ambien rdy 479 - can i buy ambien on line

Anonim mengatakan...

generic zolpidem ambien sleep emailing - ambien generic name zolpidem

Anonim mengatakan...

order xanax xanax side effects patients - xanax and alcohol symptoms

Anonim mengatakan...

buy xanax overnight delivery xanax pre employment drug testing - xanax dosage by body weight

Anonim mengatakan...

is lorazepam stronger than diazepam diazepam addiction - buy valium online legally

Anonim mengatakan...

buy diazepam generic valium diazepam dosage before mri - diazepam 10mg online

Anonim mengatakan...

buy xanax type drug xanax valium - xanax erowid experience

Anonim mengatakan...

can i buy xanax online cheap generic xanax online - xanax dosage tablet

Anonim mengatakan...

buy diazepam diazepam how much to take - correct dosage of diazepam for dogs

Anonim mengatakan...

diazepam buy diazepam in usa - diazepam zopiclone equivalent

Anonim mengatakan...

generic phentermine online phentermine online kopen - order phentermine diet

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax overdose side effects - generic green xanax pill

Anonim mengatakan...

xanax no prescription online order xanax online with mastercard - pictures of generic xanax

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien side effects behavior - ambien withdrawal night terrors

Anonim mengatakan...

buy diazepam online rima diazepam 5mg - diazepam 5mg how often

Anonim mengatakan...

mixing diazepam and lorazepam diazepam drug test - diazepam dosage dogs anxiety

Anonim mengatakan...

cheap phentermine online phentermine yahoo - buy phentermine 37.5 mg uk

Anonim mengatakan...

buy alprazolam online without prescription generic xanax green oval pill - buy xanax usa

Anonim mengatakan...

what does diazepam look like diazepam oral uses - 10mg diazepam high dose

Anonim mengatakan...

buy phentermine online phentermine prescription - buy phentermine mp273

Anonim mengatakan...

diazepam is valium online diazepam - buy diazepam online usa 5mg

Anonim mengatakan...

buy xanax online no prescription 2mg xanax equivalent much valium - xanax g3721

Anonim mengatakan...

phentermine pills phentermine no longer working - where can i buy phentermine online no prescription

Anonim mengatakan...

ambien for sale online ambien side effects liver damage - ambien 4 years

Anonim mengatakan...

generic phentermine order phentermine 37.5 - phentermine hcl 30mg online

Anonim mengatakan...

order phentermine phentermine online no script - phentermine light headed

Anonim mengatakan...

order ambien online no prescription ambien not going sleep - order ambien online canada

Anonim mengatakan...

ambien zolpidem ambien side effects mayo clinic - ambien 10mg with alcohol

Anonim mengatakan...

cheapest ambien ambien side effects fda - ambien side effects permanent

Anonim mengatakan...

ambien medication ambien sleep walking driving - ambien high altitude

Anonim mengatakan...

buy ambien no prescription wellbutrin xl ambien cr - ambien and vyvanse drug interactions

Anonim mengatakan...

buy xanax online no prescription cheap xanax 1mg generic - much do xanax pills cost

Anonim mengatakan...

diazepam overdose diazepam for dogs 5 mg - diazepam online ohne rezept bestellen

Anonim mengatakan...

diazepam without a prescription where to buy diazepam online - diazepam generic drug

Anonim mengatakan...

xanax online xanax and alcohol how long to wait - what does 1mg xanax look like

Anonim mengatakan...

alprazolam buy xanax bars identification - xanax good alcohol withdrawal

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax side effects hallucinations - xanax 1 mg blue pill

Anonim mengatakan...

alprazolam online xanax side effects shaking - xanax withdrawal exercise

Anonim mengatakan...

buy diazepam without prescription buy diazepam 5mg usa - diazepam ratiopharm 5 mg para que serve

Anonim mengatakan...

xanax medication xanax pills line - buy xanax from uk

Anonim mengatakan...

cheap diazepam online how long does a diazepam high last - buy diazepam online from india

Anonim mengatakan...

xanax antidepressant buy xanax online from canada - stronger than xanax for anxiety

Anonim mengatakan...

buy xanax overnight delivery xanax withdrawal what helps - xanax side effects long term

Anonim mengatakan...

phentermine for sale buy phentermine online aus - can you buy phentermine in stores

Anonim mengatakan...

diazepam dosage for dogs buy diazepam online india - diazepam 10 mg para que sirve

Anonim mengatakan...

diazepam online buy valium online overnight delivery - diazepam cats

Anonim mengatakan...

buy xanax bars buy xanax from trusted pharmacy - xanax effects menstruation

Anonim mengatakan...

generic phentermine where can i purchase real phentermine online - phentermine side effects hair loss

Anonim mengatakan...

phentermine price phentermine pills - phentermine kidney damage

Anonim mengatakan...

buy diazepam online buy 5mg diazepam online - addicted to valium side effects

Anonim mengatakan...

buy xanax no prescription xanax valium high - xanax side effects in dogs

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam 5mg for flying - withdrawal effects of diazepam

Anonim mengatakan...

ambien pills ambien cr generic launch date - ambien cost walgreens

Anonim mengatakan...

phentermine pharmacy phentermine uses - buy phentermine online from uk

Anonim mengatakan...

cheap ambien generic ambien no prescription - zolpidem tartrate generic ambien

Anonim mengatakan...

ambien cr ambien side effects wiki - ambien cr generic actavis

Anonim mengatakan...

buy zolpidem online ambien fun - reviews for ambien cr

Anonim mengatakan...

how to buy xanax online legally xanax overdose pupils - mexican xanax online

Anonim mengatakan...

ambien pharmacy ambien side effects next day nausea - ambien cr trial

Anonim mengatakan...

alprazolam online not getting high xanax - up your xanax dosage

Anonim mengatakan...

soma pain buy soma bras - carisoprodol 350 mg snort

Anonim mengatakan...

tramadol online get tramadol online no prescription - buy tramadol from canada

Anonim mengatakan...

buy xanax overnight delivery pills resemble xanax - alprazolam 0.5 mg tablet effects

Anonim mengatakan...

soma muscle carisoprodol side effects withdrawal - what do generic somas look like

Anonim mengatakan...

buy xanax online forum best place to buy xanax online forum - xanax bars in smoke shops

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam 10mg side effects - how much diazepam for dogs

Anonim mengatakan...

xanax no prescription xanax withdrawal with klonopin - xanax jewelry

Anonim mengatakan...

buy soma generic order somatropin uk - carisoprodol opiate withdrawal

Anonim mengatakan...

buy xanax 2mg images of generic xanax - xanax cheap no script

Anonim mengatakan...

ambien generic ambien 74 93 - ambien online generic

Anonim mengatakan...

soma online generic soma names - carisoprodol y diclofenaco

Anonim mengatakan...

generic diazepam online diazepam 5 mg injection - diazepam dose equivalent

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam to buy no prescription - buy cheap diazepam india

Anonim mengatakan...

cheap xanax no prescription pictures of generic xanax pills - will 2mg xanax get you high

Anonim mengatakan...

tramadol online tramadol hcl naproxen - tramadol hcl tablets 50 mg

Anonim mengatakan...

buy xanax online cheap no prescription many mg xanax pills - 10mg hydrocodone 2mg xanax

Anonim mengatakan...

ambien zolpidem buy ambien cr online no prescription - long will sleep ambien

Anonim mengatakan...

diazepam half life diazepam 10 mg prodes - diazepam online canada

Anonim mengatakan...

buy tramadol get high tramadol hcl 50mg - tramadol hcl good

Anonim mengatakan...

buy diazepam high on diazepam - diazepam dosage panic attacks

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol tramadol high heart rate - buy tramadol no prescription needed

Anonim mengatakan...

buy diazepam what is diazepam 10mg - buy diazepam online forum

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod tramadol 50 mg how strong - tramadol 50mg better than vicodin

Anonim mengatakan...

diazepam half life diazepam works alcohol withdrawal - diazepam bp 2 mg

Anonim mengatakan...

buy tramadol online mastercard overnight tramadol 75 mg - tramadol without prescription

Anonim mengatakan...

buy xanax online legally side effects mixing xanax klonopin - generic xanax xr

Anonim mengatakan...

xanax no rx buy real alprazolam - long term effects xanax usage

Anonim mengatakan...

order alprazolam no prescription xanax dosage children - xanax 2mg (onax)

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod tramadol dose pediatric - buy tramadol online cod no prescription

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol 50 mg - buy tramadol us pharmacy

Anonim mengatakan...

diazepam cheap diazepam online store - buy diazepam 2mg no prescription

Anonim mengatakan...

ambien pills generic version ambien - ambien sleep architecture

Anonim mengatakan...

buy soma online soma generic vs watson - generic soma dan 5513

Anonim mengatakan...

diazepam buy valium diazepam tablets - street price for diazepam 5mg

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod online tramadol hcl back pain - tramadol 911

Anonim mengatakan...

order zolpidem ambien selling price - ambien sleep driving 2011

Anonim mengatakan...

xanax alprazolam overdose of xanax - can you overdose 6 xanax

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cod ultram online forum - buy tramadol online pharmacy

Anonim mengatakan...

buy diazepam diazepam online review - diazepam for high blood pressure

Anonim mengatakan...

generic ambien online ambien cr what does it look like - ambien cr coupon

Anonim mengatakan...

buy cheap diazepam diazepam side effects hiccups - buy diazepam usa next day delivery

Anonim mengatakan...

best buy tramadol legal buy tramadol online us - buy tramadol sr 100 mg

Anonim mengatakan...

soma drug soma muscle relaxer drug test - buy generic soma online

Anonim mengatakan...

zolpidem drug ambien cr not working anymore - order ambien cr from canada

Anonim mengatakan...

generic alprazolam 2mg xanax and 2 beers - xanax withdrawal from . 25 mg

Anonim mengatakan...

buy alprazolam online without prescription xanax side effects diarrhea - green generic xanax bars

Anonim mengatakan...

cheap tramadol no prescription tramadol dosage 50 mg - tramadol dosage dental pain

Anonim mengatakan...

order diazepam diazepam 5mg tablets side effects - can you buy diazepam egypt

Anonim mengatakan...

ambien online pharmacy legal buy ambien online - ambien side effects for men

Anonim mengatakan...

soma muscle carisoprodol generic for soma - carisoprodol 350 mg overdose

Anonim mengatakan...

diazepam generic diazepam over the counter - diazepam 5mg breastfeeding

Anonim mengatakan...

buy tramadol buy tramadol echeck - tramadol nights

Anonim mengatakan...

zolpidem 10 mg ambien cr expiration date - ambien psychotropic drug

Anonim mengatakan...

soma drug soma intimates coupon 50 - buy soma watson

Anonim mengatakan...

xanax online best generic xanax manufacturer - xanax side effects headache

Anonim mengatakan...

cheap xanax online buy fake xanax bars - can buy xanax online yahoo

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol for dogs uk - tramadol online 180

Anonim mengatakan...

zolpidem online canada pharmacy online ambien - buy ambien no prescription needed

Anonim mengatakan...

buy tramadol ultram tramadol high forum - tramadol 50mg information

Anonim mengatakan...

soma pills soma medication online - buy discount soma online

Anonim mengatakan...

buy tramadol 100mg online tramadol dosage for pain - tramadol online reliable

Anonim mengatakan...

buy ambien online buy ambien online from usa - ambien sleep cycle

Anonim mengatakan...

soma drug legitimate online soma - what does a generic soma pill look like

Anonim mengatakan...

buy tramadol online with mastercard purchase tramadol online - legal buy ultram online

Anonim mengatakan...

tramadol online pharmacy tramadol hcl 100 - tramadol hcl 50mg recreation

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription buy tramadol visa - tramadol prescription

Anonim mengatakan...

cheap ambien online makes generic ambien cr - ambien side effects impotence

Anonim mengatakan...

soma price buy somatropin dubai - buy soma blocks

Anonim mengatakan...

buy tramadol for dogs tramadol hcl blood thinner - tramadol ultram

Anonim mengatakan...

order tramadol online mastercard tramadol hcl tablets - tramadol 50 mg and paracetamol

Anonim mengatakan...

buy tramadol online que es tramadol hcl 50 mg - tramadol dosage instructions

Anonim mengatakan...

tramadol without prescription tramadol hcl blood thinner - tramadol 50mg prescribed

Anonim mengatakan...

buy cheap xanax xanax bars different kinds - xanax bars no prescription

Anonim mengatakan...

buy tramadol medication tramadol vs hydrocodone dosage - tramadol 50mg for pets

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription can you buy tramadol in canada - tramadol dosage pets

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod online tramadol hcl uses - tramadol online american express

Anonim mengatakan...

intravenous diazepam diazepam for dogs online - diazepam side effects sleep

Anonim mengatakan...

diazepam diazepam jak stosowac - diazepam 2 mg patient information leaflet

Anonim mengatakan...

xanax order no prescription xanax withdrawal migraine - xanax bars green monsters

Anonim mengatakan...

order tramadol online buy tramadol hcl - buy tramadol nz

Anonim mengatakan...

diazepam generics diazepam dosage before procedure - diazepam withdrawal wiki

Anonim mengatakan...

buy soma online where can i buy soma underwear - info on the drug soma

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod buy tramadol no prescription mastercard - maximum dosage tramadol 24 hours

Anonim mengatakan...

buy ambien online legally ambien cr generic same - ambien side effects mayo clinic

Anonim mengatakan...

buy valium diazepam diazepam dosage cats - online pharmacy no prescription diazepam

Anonim mengatakan...

buy soma online buy generic soma online - carisoprodol normal dosage

Anonim mengatakan...

xanax cheap xanax bars mixed with alcohol - order xanax mastercard

Anonim mengatakan...

ambien for sale ambien dosage side effects - ambien makes you sleep

Anonim mengatakan...

buy tramadol cheap online tramadol dosage webmd - tramadol promethazine high

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam withdrawal dosage - buy diazepam tablets online

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350 mg carisoprodol 5 panel drug test - somanabolic muscle maximizer results

Anonim mengatakan...

tramadol online no prescription buy tramadol ampules - tramadol hcl lexapro

Anonim mengatakan...

ambien pill ambien 10 mg color - ambien side effects bad taste mouth

Anonim mengatakan...

diazepam synthesis dosage forms of diazepam - diazepam nightmares

Anonim mengatakan...

cheap ambien online ambien pill number - buy ambien online usa

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol risks - is it legal to order tramadol on line

Anonim mengatakan...

buy soma online carisoprodol common side effects - dosage for soma medication

Anonim mengatakan...

ambien generic ambien side effects reviews - withdrawal of ambien

Anonim mengatakan...

buy ambien side effects of ambien cr - buy ambien mexico

Anonim mengatakan...

diazepam for dogs diazepam 2 mg half life - que es mas fuerte diazepam o clonazepam

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol online yahoo - tramadol online free shipping

Anonim mengatakan...

buy cheap soma drug interactions soma hydrocodone - order soma online no rx

Anonim mengatakan...

ambien pharmacy ambien and pregnancy baby center - ambien drug high

Anonim mengatakan...

cheap xanax no prescription alprazolam 0.5mg withdrawal - does xanax show up dot drug test

Anonim mengatakan...

buy soma online buy soma overseas - carisoprodol tablets dosage

Anonim mengatakan...

tramadol long will tramadol high last - buy tramadol online cod no prescription

Anonim mengatakan...

ambien 5 ambien generic pill shape - generic ambien cr vs ambien cr

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod buy tramadol hydrochloride online - buy tramadol 150mg

Anonim mengatakan...

alprazolam 0.5mg xanax effects depression - mixing xanax and alcohol effects

Anonim mengatakan...

order tramadol online mastercard buy tramadol extended release - buy tramadol pharmacy

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol hcl painkiller - tramadol hcl er

Anonim mengatakan...

xanax no prescription online xanax 2mg alcohol - melatonin xanax drug interactions

Anonim mengatakan...

where to buy tramadol tramadol 50 mg sr - buy tramadol hydrochloride 50mg

Anonim mengatakan...

alprazolam price makers generic xanax - xanax 10 mg generic

Anonim mengatakan...

buy xanax bars online no prescription xanax side effects loss memory - xanax withdrawal many days

Anonim mengatakan...

order tramadol online cod tramadol 100mg high - tramadol pharmacy

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol 100mg online - just pills order tramadol online

Anonim mengatakan...

buy tramadol cheap online tramadol dosage per pound - tramadol grapefruit

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 514   Lebih baru› Terbaru»

Jasa