“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56)
Kisah-Kisah Teladan

Exchange Links/Tukeran Links

Exchange Links: Tempat Exchange Links

Kamis, 08 Oktober 2009

Pertemuan Yusuf dengan saudara-saudaranya

Kemudian dtglah orang berduyun-duyun dari kota dan desa-desa pinggiran Mesir, bahkan dari negara-negara yang berhampiran Mesir yang sudah kekurangan bhn makanan bagi rakyatnya. Mrk dtg bagi mengharapkan pertolongan Nabi Yusuf untuk memberi kesempatan membeli gandum serta lain-lain bhn mknan yang masih tersedia dalam gudang-gudang pemerintah.

Di antara para pendatang yang ingin berbelanja di Mesir terdapat rombongan orang-orang Palestin, termasuk di antara mrk ialah saudara-saudara Nabi Yusuf sendiri, ialah penyebab utama bagi penderitaan yang telah di alaminya. Nabi Yusuf segera mengenal mereka tetapi sebaliknya mrk tidak mengenal akan Nabi Yusuf yang pernah dilemparkan ke dalam telaga. Bahkan tidak terlintas dalam fikiran mrk bahwa Yusuf masih hidup, apa lagi menjadi orang besar memimpin negara Mesir sebagai wakil Raja yang berkuasa mutlak.
Atas pertanyaan Nabi Yusuf berkatalah jurucakap rombongan putera-putera Ya'qub: "Wahai Paduka Tuan, kami adalah putere-putera Ya'qub yang kesemuanya adalah dua belas orang Yang termuda di antara kami putera ayah yang bongsu kami tinggalkan rumah untuk menjaga ayah kami yang talah lamjut usia dan buta pula. Seorang saudara lain telah lama meninggalkan rumah dan hingga kami tidak mengetahui di mana dia berada. Kami datang kemari atas perintah ayah kami, agar memohon pertolongan dna bantuan Paduka Tuan yang budiman, kiranya dpt memberi kesempatan memperkenankan kami membeli gandum dari pesediaan pemerintahan tuan, bagi memenuhi keperluan kami yang sgt mendesak, sehubungan dengan krisis bhn makanan yang menimpa daerah kami."
Berkata Nabi Yusuf menjawab keterangan-keterangan saudaranya itu: "Sesungguhnya kami meragukan identiti kamu dan menyangsikan keteranganmu ini. Kami tidak dpt mengabaikan adanya kemungkinan bahwa kamu adalah mata-mata yang dikirim oleh musuh-musuh kami untuk mengadakan kekecohan dan kekacauan di negeri kami karenanya kami menghendaki memberi bukti-bukti yang kuat atas kebenaran kata-katamu atau membawa saksi-saksi yang kami percaya bahwa kamu adalah beul-betul putera-putera Ya'qub."
"Paduka Tuan Yang bijaksana", menyambut jurucakap itu, "Kami adalah orang-orang musafir gharib di negeri tuan, tidak seorang pun di sini mengenal kami atau kami kenal, maka sukar sekali bagi kami pada masa ini memberi bukti atau membawa saksi sebagaimana Paduka Tuan serukan. Maka kami hanya berpasrah kepada Paduka Tuan untuk memberi jalan kepada kami dengan cara bagaimana kami dpt memenuhi seruan paduka itu."

"Baiklah", Nabi Yusuf berkata, "Kali ini kami memberi kesempatan kepada kamu untuk membeli gandum dari gudang kami secukupnya keperluaan kamu sekeluarga dengan syarat bahwa kamu harus kembali kesini secepat mungkin membawa saudara bongsumu yang kamu tinggalkan dirumah. Jiak syarat ini tidak dipenuhi, maka kami tidak akan melayani keperluan kamu akan gandum untuk masa selanjutnya." Berkata abang kepada Yusuf yang tidak mengenalkannya itu:
"Paduka Tuan kami mengira bahwa ayah kami tidak akan mengizinkan kami membawa adik bongsu kami ke sini, karena ia adalah kesayangan ayah kami yang sangat dicintai dan dia adalah penghibur ayah yang menggantikan kedudukan saudara kami Yusuf, sejak ia keluar dari rumah menghilangkan tanpa meninggalkan bekas. Akan tetapi bagaimana pun untuk kepentingan kami sekeluarga, akan kami usahakan sedapat mungkin memujuk ayah agar memngizinkan kami membawa adik kami Benyamin ke mari dalam kesempatan yang akan datang."
Sejak awal Nabi Yusuf melihat wajah-wajah saudaranya yang dtg memerlukan gandum, tidak ada niat sedikit pun dalam hatinya hendak mempersukarkan missi mrk sebagai balas dendam atas perbuatan yang mrk telah lakukan terhadap dirinya. Soal jawab yang dilakukan dengan mrk hanya sekadar ingin mengetahui keadaan ayah dan adik bongsunya, Benyamin yang sudah bertahun-tahun ditinggalkan dan hanya sekadar taktik untuk mempertemukan kembali dengan ayah dan saudara-saudaranya yang sudah lama terpisah.
Kemudian Nabi Yusuf memerintahkan pegawai-pegawainya mengisi karung-karung saudaranya dengan gandum dan bhn makanan yang mrk perlu. Sedang brg-brg emas dan perak yang mrk bawa untuk harga gandum dan bhn makn itu, diisikan kembali ke dalam karung-karung mrk secara diam-diam tanpa mrk ketahui.
Setibanya kembali di Palestin berceritalah mrk kepada ayahnya Ya'qub tentang perjalanan mrk dan bagaimana Yusuf menerima mrk, yang dipujinya sebagai penguasa yang bijaksana, adil, sabar, rendah hati dan sangat ramah-tamah. Tanpa sedikit kesukaran pun mrk telah diberikan hajat mrk dari gandum yang diisikan sekali oleh pegawai-pegawai Yusuf ke dalam karung mrk.Disampaikan pula oleh mrk kepada ayahnya, bahwa mrk diharuskan oleh Yusuf membawa adik bongsu mrk ke Mesir, bila mrk dtg lagi untuk membeli gandum dan bhn mknan. Tanpa membawa adik termaksud, mrk tidak akan dilayani dan diperkenankan membeli gandum yang mrk perlukan. Karenanya mrk dari jauh-jauh mohon agar mrk diperkenankan membawa adik mrk Benyamin bila mrk harus kembali ke Mesir untuk membeli gandum.
Berkata Nabi Ya'qub serta merta setelah mendengar cerita putera-puteranya:

"Tidak,sesekali tidak akanku berikan izinkan kepadamu untuk membawa Benyamin jauh drpku. Aku tidak akan mempercayakan Benyamin kepadamu setelah apa yang terjadi dengan diri Yusuf adikmu.Kamu telah berjanji akan menjaganya baik-baik, bahkan sanggup mengorbankan jiwa-ragamu untuk keselamatannya.

Akan tetapi apa yang telah terjadi adalah sebaliknya. Kamu pulang ke rumah dalam keadaan selamat, sedang adikmu Yusuf, kamu lepaskan menjadi mangsa serigala. Cukuplah apa yang telahku alami mengenai diri Yusuf dan janganlah terulang lagi kali ini mengenai diri Benyamin".
Ketika karung-karung yang dibawa kembali dari Mesir dibongkar, ternyata didalamnya terdpt barang-barang emas dan perak yang telah mrk bayarkan untuk harga gandum yang dibeli. Maka seraya tercengang bercampur gembira, berlari-larilah mrk menyampaikan kehairanan mrk kepada ayahnya. Mereka berkata: "Wahai ayah! KAmi tidak berdusta dalam cerita kami tentang itu penguasa Mesir orang baik hati. Lihatlah brg-brg emas dan perak yang telah kami bayarkan untuk ganti gandum yang kami terima, dipulangkan kembali ke dalam karung-karung kami tanpa kami mengetahui. Jadi apa yang kami bawa ini adalah pemberian percuma dari penguasa Mesir yang sgt murah hati itu."
Dengan diperolehnya gandum, bantuan percuma dari putera yang tidak mrk kenali, keluarga Ya'qub menjadi tenang dan merasa buat beberapa waktu, bahwa api didapur rumah akan tetap menyala. akan tetapi persediaan yang terbatas itu tidak bertahan lama jika tidak disusul dengan pengisian stok baru selama musim kemarau belum berakhir. Demikianlah maka Nabi Ya'qub yang melihat persediaan gandumnya makin hari makin berkurangan sedangkan tanda-tanda krisis makanan belum nampak, terpaksalah ia mengutus putera-puteranya kembali ke mesir untuk memperoleh bekalan untuk kedua kalinya dari Yusuf wakil Raja negeri itu. Dan karena putera-putera Ya'qub tidak akan berangkat ke Mesir tanpa Benyamin, sesuai janji mrk kepada Yusuf, maka terpaksa pulalah Ya'qub mengikut sertakan putera bongsunya Benyamin dalam rombongan abg-abgnya.
Dengan iringan doa serta nasihat si ayah, berangkatlah kafilah putera-putera Ya'qub yang terdiri dari sebelas orang Setiba mrk diperbatasan kota berpisahlah menjadi beberapa kelompok memasuki kota dari arah yang berlainan sesuai dengan pesan ayah mrk untuk menghindari timbulnya iri hati penduduk serta prasangka dan tuduhan bahwa mrk adalah mata-mata musuh.
Setibanya di istana kerajaan mrk diterima oleh adik mereka sendiri Yusuf yang belum mrk kenal kembali, dengan penuh ramah-tamah dan dihormati dengan jamuan makan. Bagi mrk disediakan tempat penginapan untuk setiap dua orang sebuah rumah, sedang adik bongsu Yusuf, Benyamin diajak bersamanya menginap didalam istana.
Sewaktu berada berduaan dengan Yusuf, Benyamin mencucurkan airmata seraya berkata kepada abangnya yang belum dikenal kembali: "Andaikan abgku Yusuf masih hidup, nescaya engkau akan menempatkan aku bersamanya di sebuah rumah tersendiri sebagaimana saudara-saudaraku yang lain." Yusuf lalu menghiburkan hati adiknya dengan kata-kata: "Sukakah engkau bila aku menjadi abgmu menggantikan abgmu yang hilang itu?" Benyamin menjawab: "Tentu namun sayang sekali bahwa engkau tidak dilahirkan oleh ayahku Ya'qub dan ibuku Rahil."
Mendengar kata-kata si adik yang merawankan hati itu, bercucurlah air mata Yusuf, lalu memeluk adiknya sambil mengaku bahwa dia adalah Yusuf, abgnya yang hilang itu. Ia menceritakan kepada adiknya penderitaan -penderitaan yang telah dialami sejak ia dicampakkan ke dalam perigi , diperjual-belikan sebagai hamba sahaya, ditahannya dalam penjara selama bertahun-tahun tanpa dosa dan akhirnya berkat rahmat dan kurniaan Tuhan diangkatlah ia sebagai wakil raja yang berkuasa mutlak. Yusuf mengakhiri beritanya dengan berpesan kepada adiknya, agar merahsiakan apa yang telah ia dengarkan dan jangan sampai diketahui oleh saudara-saudaranya yang lain.
Alangkah gembiranya Benyamin mendengar cerita abgnya yang selalu dikenangnya sejak ia hilang meninggalkan rumah bersama-sama saudara-saudaranya berkelah beberapa tahun yang lalu. Ia segera memeluk abangnya kembali seraya berkata: "Aku tidak dapat bayangkan betapa gembiranya ayah bila ia mendengar bahwa engkau masih hidup dalam keadaan segar bugar, sihat afiat, menguasai suatu kerajaan besar, tinggal didalam istana yang diliputi oleh segala kemewahan dan kemegahan. Sebab sejak engkau menghilang ayah kami tidak pernah terlihat gembira. Ia selalu diliputi oleh rasa sedih dan duka, tidak pernah sedikit pun bayanganmu terlepas dari ingatannya. Demikianlah keadaan ayah kami hai Yusuf sejal engkau menghilangkan rumah dan menghilang, sampai-sampai menjadi putih matanya karena kesedihan dan tangisnya yang tidak ada hentinya."
Kisah pertemuan Yusuf dengan saudaranya dikisahkan dalam Al-Quran pada surah "Yusuf" ayat 58 sehingga 69 yang bermaksud :~

"58.~ Dan saudara-saudara Yusuf dtg {ke Mesir} lalu mrk masuk ke {tempat}nya. Maka Yusuf mengenal mrk, sedang mrk tidak kenal {lagi} kepadanya.59.~ Dan tatkala Yusuf menyiapkan bhn mknannya, ia berkata: "Bawalah kepadaku saudaramu yang seayah dengan kamu {Benyamin}, tidaklah kamu melihat bahwa aku menyempurnakan sukatan dan aku adalah sebaik-baik penerima tamu? 60.~ Jika kamu tidak membawanya kepadaku, maka kamu tidak akan mendapat sukatan lagi drpku dan jgn kamu mendekatiku".61.~ Mrk berkata: "Kami akan memujuk ayah kami untuk membawanya {ke mari} dan sesungguhnya kami benar-benar akan melaksanakannya".62.~ Yusuf berkata kepada bujang-bujangnya: " Masukkanlah brg-brg {penukar kepunyaan} mrk ke dalam karung-karung mrk, spy mrk mengetahui apabila mrk telah kembali kepada keluarganya, mudah-mudahan mrk kembali lagi".63.~ Maka tatkala mrk telah kembali kepada ayah mrk {Ya'qub}, mrk berkata: " Wahai ayah kami, kami tidak mendpt sukatan {gandum} lagi, {jika todak membawa saudara kami}, sebab itu biarkanlah saudara kami {Benyamin} pergi bersama kami supaya kami mendpt sukatan dan sesungguhnya kami akan benar-benar menjaganya".64.~ Berkata Ya'qub: "Bagaimana aku akan mempercayakannya {Benyamin} kepadamu, kecuali seperti aku telah mempercayakan saudaranya {Yusuf} kepada kamu dahulu?" Maka Allah adalah sebaik-baik penjaga dan Dia adalah Mahga Penyayang di antara para penyayang.65.~ Tatkala mrk membuka brg-brgnya, mrk menemukan kembali brg-brg {penukaran} mrk dikembalikan kepada mrk. Mrk berkata: "Wahai ayah kami, apa lagi yang kami inginkan. Ini brg-brg kami dikembalikan kepada kami dan kami akan dpt memberi makan keluarga kami dan kami akan dpt memelihara ksaudra kami dan kami akan mendapat tambahan sukatan {gandum} seberat seekor unta. Itu adalah sukatan yang mudah {bagi Raja Mesir}".66.~ Ya'qub berkata : "Aku sesekali tidak akan melepaskannya {pergi} bersama-sama kamu sebelum kamu memberikan janji yang teguh atas nama Allah bahwa kamu akan pasti membawanya kepadaku kembali, Kecuali jika kamu dikepung musuh ". Tatkala mrk memberi janji mrk, maka Ya'qub berkata: "Allah adalah saksi terhadap yang kami ucapkan {ini}".67.~ Dan Ya'qub berkata: " Hai anak-anakku, janganlah kamu masuk bersama-sama dari satu pintu gerbang dan masuklah dari pintu gerbang yang berlainan namun demikian aku tidak dpt melepaskan kamu brg sedikit pun daripada {takdir} Allah. Keputusan menetapkan {sesuatu} hanyalah hak Allah; kepada-Nya aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri".68.~ Dan tatkala mrk masuk menurut yang diperintahkan ayah mrk ,maka {cara yang mrk lakukan itu} tiadalah melepaskan mrk sedikit pun daripada {takdir} Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan , karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Akan tetapi kebanyakkan manusia tidak mengetahui.69.~ Dan tatkala mrk masuk ke {tempat} Yusuf, Yusuf membawa saudaranya {Benyamin} ke tempatnya. Yusuf berkata: "Sesungguhnya aku {ini} adalah saudaramu,maka janganlah kamu berdukacita terhadap apa yang mrk telah lakukan."

514 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 514   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

can you buy tramadol online legally tramadol hcl medicine - tramadol premature ejaculation

Anonim mengatakan...

diazepam online buy diazepam online india - diazepam vicodin withdrawal

Anonim mengatakan...

buy diazepam recreational dosage of diazepam - where to buy diazepam 10mg

Anonim mengatakan...

xanax online prescription drug abuse of xanax - xanax withdrawal after 2 weeks

Anonim mengatakan...

buy cheap tramadol safe order ultram online - buy tramadol no prescription overnight

Anonim mengatakan...

buy tramadol online without a prescription tramadol online with no prescription - buy tramadol online bluelight

Anonim mengatakan...

ambien sleep ambien cr horror stories - there generic ambien cr 12.5 mg

Anonim mengatakan...

buy soma online carisoprodol safe dosage - soma order status

Anonim mengatakan...

buy cheap tramadol trusted online pharmacy tramadol - tramadol vs percocet

Anonim mengatakan...

ambien online purchase generic ambien for sale - ambien 60 mg

Anonim mengatakan...

buy cheap diazepam dosage of diazepam for dogs - drug interactions diazepam ibuprofen

Anonim mengatakan...

buy diazepam online ic diazepam 5mg tablet - diazepam drug use

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod online buy tramadol online from canada - where to buy tramadol online

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription tramadol hcl and alcohol - tramadol 100mg no prescription

Anonim mengatakan...

carisoprodol 350 mg buy somatropin europe - soma fm online radio

Anonim mengatakan...

ambien medication ambien 50mg - cheapest place buy ambien

Anonim mengatakan...

best buy tramadol buy tramadol forum - tramadol 600mg a day

Anonim mengatakan...

ambien buy zolpidem side effects in men - ambien cr coupon

Anonim mengatakan...

buy diazepam diazepam 10 mg te koop - diazepam 5mg tablet

Anonim mengatakan...

diazepam online diazepam xanax mixed - cheap diazepam bulk

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cod overnight tramadol medication online - tramadol xanax high

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription tramadol apap high - buy tramadol 50mg online

Anonim mengatakan...

soma drug soma medication headaches - soma medication identification

Anonim mengatakan...

purchase ambien generic ambien cr reviews - ambien online no rx

Anonim mengatakan...

buy tramadol overnight tramadol hydrochloride get high - tramadol 50mg

Anonim mengatakan...

buy ambien no prescription taking ambien and alcohol - ambience mall gurgaon route

Anonim mengatakan...

buy valium diazepam diazepam withdrawal how long does it last - diazepam online europe

Anonim mengatakan...

buy diazepam online diazepam dosage vet - use of diazepam in dogs

Anonim mengatakan...

best buy tramadol ultram 50 mg online - tramadol online check

Anonim mengatakan...

buying xanax online no prescription xanax dosage in children - buy xanax online us pharmacy

Anonim mengatakan...

ambien price ambien withdrawal + infants - buy ambien legally

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod online order tramadol pay cod - tramadol generic names

Anonim mengatakan...

how to buy xanax online legally xanax bars images - safe to buy xanax online

Anonim mengatakan...

cheap ambien ambien cr generic release date - ambien 40

Anonim mengatakan...

buy tramadol buy tramadol 200mg - buy tramadol for dogs

Anonim mengatakan...

buy tramadol buy tramadol dogs online - tramadol 50mg pills

Anonim mengatakan...

order xanax 3mg xanax overdose - does xanax high feel like

Anonim mengatakan...

no prescription xanax xanax klonopin together - xanax online no prescription paypal

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol 714 - tramadol and suboxone

Anonim mengatakan...

order tramadol purchase tramadol overnight - generic ultram online

Anonim mengatakan...

order xanax no prescription xanax online usa - xanax buy online no prescription uk

Anonim mengatakan...

buy tramadol online no prescription overnight buy tramadol saturday delivery - buy prescription ultram

Anonim mengatakan...

generic tramadol online buy tramadol er - tramadol 627 recommended dosage

Anonim mengatakan...

buy tramadol without a script buy tramadol uk - tramadol for dogs dosage by weight

Anonim mengatakan...

buy tramadol online no prescription cod order tramadol overnight mastercard - tramadol 50 mg is equivalent to

Anonim mengatakan...

order alprazolam xanax dosage 039 - how to order xanax online no prescription

Anonim mengatakan...

buy tramadol generic tramadol online - order tramadol american express

Anonim mengatakan...

diazepam synthesis diazepam dosage per kg - buy real diazepam usa

Anonim mengatakan...

xanax sale 1mg of xanax erowid - xanax and alcohol side effects

Anonim mengatakan...

diazepam without prescription does diazepam 2mg work - buy diazepam 5mg online

Anonim mengatakan...

ambien pill generic ambien overnight delivery - ambien cr breaking

Anonim mengatakan...

buy tramadol saturday delivery tramadol 50 mg for back pain - order tramadol online mastercard

Anonim mengatakan...

buy xanax bars online buy xanax 0.5 - xanax withdrawal cold turkey

Anonim mengatakan...

buy tramadol next day tramadol dosage women - tramadol generic

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol hcl 40 mg - tramadol acetaminophen high

Anonim mengatakan...

buy carisoprodol where to buy soma underwear - buy soma az

Anonim mengatakan...

buy soma carisoprodol 150 - what's carisoprodol high like

Anonim mengatakan...

buy tramadol 100mg online tramadol canine dosage - order tramadol online saturday delivery

Anonim mengatakan...

is lorazepam stronger than diazepam diazepam dosage back pain - buy diazepam online india

Anonim mengatakan...

buy ambien online no prescription ambien synthroid drug interactions - ambien side effects weakness

Anonim mengatakan...

diazepam generic diazepam online legal - diazepam dosage in elderly

Anonim mengatakan...

order tramadol buy tramadol online from mexico - tramadol tylenol high

Anonim mengatakan...

ambien no prescription can you buy ambien - 90 mg ambien

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription tramadol recreational dose - high von tramadol

Anonim mengatakan...

tramadol no rx tramadol hcl monograph - where can i buy real tramadol

Anonim mengatakan...

soma carisoprodol maximum daily dosage - buy watson soma money order

Anonim mengatakan...

buy tramadol online cod overnight tramadol dosage extended release - buy tramadol hydrochloride online

Anonim mengatakan...

diazepam synthesis diazepam 10mg how to take - diazepam for dogs online

Anonim mengatakan...

zolpidem drug ambien side effects nightmares - ambien cr 12.5 mg withdrawal

Anonim mengatakan...

online diazepam diazepam 5mg tab watson - buy genuine diazepam online

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien drug withdrawal - ambien 93 74

Anonim mengatakan...

buy tramadol online buy tramadol 50mg uk - tramadol price

Anonim mengatakan...

buy soma online buy soma online ship to texas - carisoprodol 350 mg controlled substance

Anonim mengatakan...

buy tramadol normal dosage tramadol humans - where should i buy tramadol from online

Anonim mengatakan...

ambien on line ambien pill street value - ambien sleepwalking 2010

Anonim mengatakan...

buy tramadol ultram buy tramadol without prescriptions - dosage of tramadol for humans

Anonim mengatakan...

buy tramadol overnight delivery tramadol mg - buy tramadol 100mg

Anonim mengatakan...

tramadol overnight shipping tramadol 4 men - buy tramadol legit

Anonim mengatakan...

buy tramadol cod next day delivery buy tramadol for dogs - buy 200 mg tramadol online

Anonim mengatakan...

xanax price best place buy xanax online forum - xanax side effects long term abuse

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax 0.5 withdrawal - blue xanax pills 031

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol online tramadol hcl dose - order tramadol from usa

Anonim mengatakan...

diazepam generics diazepam 5mg tab watson - can i buy diazepam online

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol er - buy tramadol online overnight mastercard

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax withdrawal wikipedia - xanax 620

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol online overnight - buy tramadol overnight shipping

Anonim mengatakan...

cheap xanax no prescription taking 5 xanax bars - xanax normal dose

Anonim mengatakan...

diazepam dosage for dogs diazepam for dogs - buy diazepam online no prescription needed

Anonim mengatakan...

diazepam 5mg diazepam 10mg effects - diazepam withdrawal plan

Anonim mengatakan...

xanax online prescription xanax klonopin side effects - xanax withdrawal 1 mg daily

Anonim mengatakan...

buy tramadol online no prescription overnight buy tramadol for dogs uk - buy tramadol online overnight delivery

Anonim mengatakan...

buy tramadol no prescription high does tramadol get you - tramadol hcl webmd

Anonim mengatakan...

discount soma buy soma online with no prescription - carisoprodol dosage weight

Anonim mengatakan...

soma drug soma devlet hastanesi online randevu alma - carisoprodol 350 mg soma

Anonim mengatakan...

generic xanax generic xanax names - xanax overdose memory loss

Anonim mengatakan...

buy soma online generic soma manufacturers - soma medication dosage

Anonim mengatakan...

cheap alprazolam side effects of xanax 2mg - 1mg ativan vs 1mg xanax

Anonim mengatakan...

buy xanax order real xanax - xanax xr reviews

Anonim mengatakan...

buy tramadol online tramadol hcl liquid - buy tramadol online from canada

Anonim mengatakan...

buy xanax without prescriptions ibuprofen xanax drug interactions - 1.5 mg xanax withdrawal

Anonim mengatakan...

alprazolam xanax generic india - buy xanax online no prescription cheap

Anonim mengatakan...

buy alprazolam online without prescription xanax bars price - xanax hair follicle drug test

Anonim mengatakan...

xanax pills xanax xr 1mg high - xanax side effects go away

Anonim mengatakan...

buy generic tramadol order tramadol overnight delivery - buy tramadol in florida

Anonim mengatakan...

tramadol no prescription high on tramadol - dose of tramadol

Anonim mengatakan...

xanax no rx xanax bars lil wayne lyrics - recreational use of xanax dose

Anonim mengatakan...

buy tramadol without a script buy ultram from canada - buy 200 mg tramadol online

Anonim mengatakan...

buy tramadol tramadol high drugs - purchase tramadol uk

Anonim mengatakan...

xanax 0.5mg what is xanax 2mg for - torn city cheap xanax

Anonim mengatakan...

buy xanax no prescription xanax in urine drug screen - xanax drug detection time

Anonim mengatakan...

order tramadol buy tramadol online overnight - tramadol online overnight cod

Anonim mengatakan...

buy alprazolam online without prescription 6633n sap drug test xanax - xanax no prescription online

Anonim mengatakan...

order xanax no prescription what does 2mg xanax feel like - buy xanax online pharmacy

Anonim mengatakan...

no prescription xanax xanax effects breastfeeding - half 2mg xanax

Anonim mengatakan...

how to buy xanax online legally xanax overdose many pills - xanax 027 round white pill

Anonim mengatakan...

buy xanax valium online florida high on xanax like - xanax side effects forum

Anonim mengatakan...

xanax online Detroit xanax yahoo - street value of xanax pills

Anonim mengatakan...

alprazolam no prescription generic xanax vs. name brand - xanax online no prescription overnight

Anonim mengatakan...

xanax for anxiety xanax withdrawal time frame - side effects of xanax pills

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax effects men - effects does xanax have

Anonim mengatakan...

buy tramadol in florida order tramadol overnight shipping - buy tramadol in canada

Anonim mengatakan...

xanax order no prescription xanax military drug test - xanax vs generic alprazolam

Anonim mengatakan...

xanax online prescription xanax drug test probation - xanax nicknames

Anonim mengatakan...

ambien order online no prescription ambien cr side effects - ambien interactions

Anonim mengatakan...

buy xanax online cod buy xanax cheap - buy alprazolam .25

Anonim mengatakan...

buying xanax online no prescription xanax bars drug info - does xanax show up on a five panel drug test

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax effects on body - xanax dosage calculator

Anonim mengatakan...

cheapest xanax what is xanax used for yahoo - dosage xanax 0.25

Anonim mengatakan...

order alprazolam xanax dosage .5 - what do generic xanax pills look like

Anonim mengatakan...

buy xanax xanax dosage night - high anxiety kicking xanax

Anonim mengatakan...

buy xanax New Mexico xanax pills what are they used for - xanax 2mg images

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien vicodin drug interaction - ambien plus alcohol

Anonim mengatakan...

ambien online without rx ambien buy mail order - buy ambien online from usa

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien dosage 25mg - ambien cost prescription

Anonim mengatakan...

where can i order xanax online 1mg klonopin same xanax - there drug test xanax

Anonim mengatakan...

xanax online xanax more drug_uses - xanax side effects elderly

Anonim mengatakan...

buy ambien ambience mall gurgaon location - buy ambien online australia

Anonim mengatakan...

buying xanax xanax withdrawal headache - xanax and alcohol effects

Anonim mengatakan...

cheapest xanax where to buy legit xanax online - xanax relieve anxiety

Anonim mengatakan...

ambien cr ambien and alcohol experience - generic ambien teva

Anonim mengatakan...

generic xanax Raleigh North xanax 4mg bars - xanax drug interactions ambien

Anonim mengatakan...

generic ambien buy ambien urinalysis drug test - ambien cr quitting

Anonim mengatakan...

buy xanax 1 mg xanax equivalent valium - smoking xanax high

Anonim mengatakan...

generic xanax Detroit can xanax overdose be fatal - xanax causing anxiety

Anonim mengatakan...

buy xanax online overnight delivery xanax over the counter - xanax side effects urdu

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax dosage strengths - does xanax show up in a pre-employment drug test

Anonim mengatakan...

buy xanax online generic xanax pill id - where to buy xanax online

Anonim mengatakan...

generic xanax San Jose much generic xanax - buy xanax bars with no prescription

Anonim mengatakan...

xanax buy online no prescription eating kill xanax high - xanax 2 mg daily

Anonim mengatakan...

buy xanax online much does 1mg xanax go - xanax tinnitus

Anonim mengatakan...

buy ambien drug interactions between ambien vicodin - ambien insomnia reviews

Anonim mengatakan...

ambien 10 mg online consultation for ambien - ambien side effects double vision

Anonim mengatakan...

buy xanax online buy xanax online from u.k - buy xanax online from mexico

Anonim mengatakan...

ambien order online no prescription cost of brand name ambien - buy ambien online fast shipping

Anonim mengatakan...

generic ambien ambien overdose brain damage - generic ambien cr cost

Anonim mengatakan...

xanax no prescription online many xanax pills can take - xanax withdrawal how to

Anonim mengatakan...

ambien online without rx ambien cr 7 day trial - ambien for kids

Anonim mengatakan...

generic xanax Virginia Beach xanax bars empty stomach - xanax employee drug test

Anonim mengatakan...

buy xanax Las Vegas 1mg xanax urine - long does xanax xr 2mg last

Anonim mengatakan...

xanax online South Dakota xanax for anxiety after drinking - risque overdose xanax

Anonim mengatakan...

xanax online Massachusetts xanax drug test kits - side effects of xanax .25 mg

Anonim mengatakan...

buy xanax Kansas xanax high bp - buy xanax cheap no prescription

Anonim mengatakan...

buy ambien zolpidem er vs ambien cr - ambien high cortisol

Anonim mengatakan...

buy generic xanax xanax grapefruit - xanax employment drug tests

Anonim mengatakan...

buy xanax 2mg xanax vs vicodin effects - has anyone ever bought xanax online

Anonim mengatakan...

ambien 10 mg long will ambien show drug test - buy brand ambien online

Anonim mengatakan...

generic xanax Kansas City xanax dosage images - xanax for anxiety and panic

Anonim mengatakan...

xanax without prescription xanax side effects women - xanax and alcohol addiction

Anonim mengatakan...

how to buy xanax online xanax drug guide - generic xanax india

Anonim mengatakan...

buy xanax online Wichita can xanax overdose kill - xanax brand online no prescription

Anonim mengatakan...

ambien 10 mg ambien dosage sleep - side effects of ambien cr 12.5

Anonim mengatakan...

zolpidem online ambien withdrawal management - retail price of ambien

Anonim mengatakan...

order xanax online xanax alprazolam 0.5mg - has bought xanax online

Anonim mengatakan...

buy xanax online without prescription 1mg xanax urine drug test - xanax and alcohol abuse

Anonim mengatakan...

xanax online Alaska 2mg lorazepam vs 2mg xanax - white round pill generic xanax

Anonim mengatakan...

alprazolam 0.5mg order xanax by mail - xanax 2mg fake

Anonim mengatakan...

xanax online Florida is ordering xanax online safe - xanax online legitimate

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax bars no writing - what does generic xanax pill look like

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax withdrawal jail - xanax overdose dosage

Anonim mengatakan...

online ambien can someone overdose ambien - ambience mall gurgaon movie shows

Anonim mengatakan...

generic zolpidem ambien side effects eyes - ambien cr generic cost

Anonim mengatakan...

can i buy xanax online xanax drug urine test - order xanax valium online

Anonim mengatakan...

buy ambien online overnight effects of 10 mg ambien - what is ambien classified as

Anonim mengatakan...

generic zolpidem ambien cr patent - buy ambien 10mg online

Anonim mengatakan...

xanax online Colorado Springs what is the generic for xanax 2mg - is it illegal to buy xanax online from the us

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax side effects yahoo - xanax 0.25mg side effects

Anonim mengatakan...

where can i buy ambien online get high ambien cr - buy ambien zolpidem

Anonim mengatakan...

order ambien ambien cr mechanism of action - buy ambien legally

Anonim mengatakan...

xanax online Illinois buy xanax online cheap no prescription - xanax effects muscle growth

Anonim mengatakan...

buy xanax where to buy xanax in australia - side effects xanax during pregnancy

Anonim mengatakan...

buy xanax Sacramento xanax 1mg with alcohol - xanax side effects confusion

Anonim mengatakan...

buy cheap xanax high does xanax make you - xanax drug level

Anonim mengatakan...

buy xanax online xanax order online no prescription - much does generic xanax cost

Anonim mengatakan...

alprazolam mg buy xanax xr online no prescription - do all xanax pills look like

Anonim mengatakan...

buy ambien is generic ambien the same - mixing xanax ambien insomnia

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien online no prescription overnight - ambien picture of pill

Anonim mengatakan...

buy ambien ambien amnesia - ambien every night

Anonim mengatakan...

buy xanax online Indianapolis xanax side effects blurred vision - ativan or xanax for anxiety

Anonim mengatakan...

ambien price ambien side effects sleep eating - ambien + xanax = insomnia

Anonim mengatakan...

xanax online Miami xanax just makes me sleep - xanax kidney problems

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 400 dari 514   Lebih baru› Terbaru»

Jasa