“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56)
Kisah-Kisah Teladan

Exchange Links/Tukeran Links

Exchange Links: Tempat Exchange Links

Selasa, 09 Agustus 2011

Museum Sibernatika Al Jazari

Museum Sibernatika Al Jazari di Turki


Hasil karya ilmuwan Muslim pertama di bidang sibernatika segera ditampilkan di sebuah museum baru yang akan dibangun di Provinsi Mardin, Turki.

Menurut Gubernur Mardin Turhan Avyaz, Kamis (04/8), Museum Sains Al Jazari yang menampilkan hasil kerja dan penelitian ilmuwan dan pemikir Muslim paling berpengaruh, Al Jazari, akan dibangun di lingkungan situs bersejarah Madrasah Kasimiye.

Biaya pembangunan museum dialokasikan sebesar USD 3 juta. Museum ini nantinya diharapkan menarik banyak wisatawan terutama dari Timur Tengah.

Hingga kini rancangan lansekap museum telah rampung dan 70% hasil kerja Al Jazari yang akan dipamerkan telah tiba di kota tersebut.

Al Jazari yang bernama lengkap Abu Al Iz bin Ismail bin Al Razaz Al Jazari adalah seorang ilmuwan Iraq, penemu, insinyur mekanik, perajin, seniman, pakar matematika dan astronom yang berasal dari wilayah Mesopotamia. Al Jazari hidup pada kejayaan Islam (1136–1206 M).

Al Jazari paling dikenal dengan karyanya "Kitab fi Ma'rifat Al Hiyal Al Handasiyya" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul "Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices". Dalam buku itu Al Jazari menjelaskan puluhan alat-alat mekanik beserta petunjuk bagaimana cara membuatnya.

Al Jazari dipandang sebagai sebagai salah satu bapak moderen teknik mesin karena penemuan-penemuan fundamental yang dihasilkannya. Ia juga dianggap sebagai pelopor ilmu robotika, karena dialah yang pertama kali membuat rancangan robot yang dapat diprogram secara mekanik.

Banyak orang mengira Leonardo da Vinci adalah pencipta robot pertama di tahun 1495 dan berbagai macam alat mekanik lainnya. Padahal sesungguhnya Al Jazari lebih dari 1.200 tahun sebelum Da Vinci lahir telah menciptakan berbagai alat mekanik tersebut lebih dahulu, berikut penjelasan lengkapnya.*
sumber:hidayatullahdotcom

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Thank you, I've recently been searching for info approximately this topic for a while and yours is the greatest I've found out so
far. However, what concerning the bottom line? Are you sure concerning the source?


My web blog: ray ban sunglasses sale

Anonim mengatakan...

I'm extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid subject matter or did you customize it yourself? Either way stay up the excellent quality writing, it is rare to see a nice blog like this one these days..

my web page - ray ban sale

Anonim mengatakan...

Just wish to say your article is as surprising. The clearness on your put up is simply spectacular and that i can suppose
you are an expert in this subject. Well together with your permission let me to grasp your RSS feed to stay
up to date with approaching post. Thanks a million and please continue the gratifying work.


Look into my web blog fake ray bans

Anonim mengatakan...

Just wish to say your article is as surprising.
The clearness on your put up is simply spectacular and that
i can suppose you are an expert in this subject.
Well together with your permission let me to grasp
your RSS feed to stay up to date with approaching post.
Thanks a million and please continue the gratifying work.


Also visit my webpage :: fake ray bans

Jasa