“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56)
Kisah-Kisah Teladan

Exchange Links/Tukeran Links

Exchange Links: Tempat Exchange Links

Rabu, 07 Oktober 2009

Ad-Dinawari Bapak Botani dari Dunia Islam

Ketika Revolusi Pertanian Islam bergulir di era kekhalifahan, para insinyur Mus lim berhasil mencapai kemajuan yang begitu gemilang dalam ilmu tumbuh-tumbuhan alias botani. Para ahli botani Mus lim di zaman keemasan Islam mam pu menampilkan keahliannya dalam agronomi, agroteknik, meteorologi, klimatologi, hidrologi, penguasaan lahan, serta manajemen usaha pertanian.

Tak cuma itu, para ahli botani dan pertanian Muslim juga sudah menguasai beragam pengetahuan lainnya, seperti ekologi, pertanian, pedologi, irigasi, serta pengetahu an penunjang pertanian lainnya. Berkat penguasaan pengetahuan itulah, Revolusi Hijau yang dikembangkan dunia Islam mencapai puncak kesuksesan.

Salah seorang insinyur Muslim yang menjadi otak di balik kesuksesan Revolusi Hijau itu adalah ad- Dinawari (828-896 M). Toufic Fahd (1996), dalam bukunya bertajuk Botany and Agriculture menabal kan ad-Dinawari sebagai pendiri botani atau ilmu tumbuh-tumbuh an di dunia Islam. Sejatinya, dia layak ditahbiskan sebagai Bapak Botani.

Botani merupakan kajian sainti fik untuk kehidupan tumbuhan. Se bagai satu cabang biologi, botani kadang kala dirujuk sebagai sains tumbuhan atau biologi tumbuhan. Botani merangkumi berbagai disiplin saintifik yang mengkaji struktur, pertumbuhan, pembiakan, me ta bolisme, perkembangan, pen y a kit, ekologi, dan evolusi tumbuhan. Sang insinyur telah menulis sebuah buku botani yang sangat menakjubkan pa da abad ke-9 M yang berjudul Kitab al-Nabat (Buku Tumbuhtumbuhan).

Dalam kitabnya itu, ad-Dinawari mam pu menjelaskan sekitar 637 jenis ta nam an. ‘’Ad-Dina wari pun memba has evolusi tanam an mulai dari ke mun culan hingga kematian,’‘ ung kap Taufic Fahd. Tak hanya itu, sang insinyur juga mengupas fase pertumbuhan tanaman, produksi bunga, dan buah.

Sejatinya, ad-Dinawari ber na ma lengkap Abu Hanifah Ahmad ibnu Dawud Dinawari. Insinyur asal Persia itu dikenal sebagai il muwan serbabisa. Selain sebagai perintis botani, ad-Dinawari juga dikenal menguasai beragam ilmu, seperti astronomi, pertanian, metalurgi, geografi, matematika, dan sejarah.

Ad-Dinawari terlahir pada ta hun 828 M di Kota Dinawarperbatasan antara wilayah Hamadan dan Ker manshahkini berada di Iran Ba rat. Ayahnya bernama Abu Hanifa Ahmad bin Dawud bin Wa nand. Sang ilmuwan Muslim ini se jak kecil sudah menunjukkan mi nat nya yang tinggi terhadap ilmu pe ngetahuan. Ia mempelajari bera gam ilmu, seperti astronomi, mate matika, dan mekanik di Ishafan, Iran.

Selain itu, ilmu bahasa dan sas tra juga telah membetot perhatian ad-Dinawari. Untuk mempelajari bahasa dan sastra, ad-Dinawari harus hijrah ke dua kota penting di Irak pada zaman kejayaan Dinasti Abbasiyah, yakni Kufah dan Bas rah. Sang ilmuwan Muslim fen o- me nal itu meninggal dunia pada 24 Juli 896 M di kota kelahirannya, Di na war. Nama ad-Dinawari pun diambil dari kota tempat kelahiran dan kematiannya.

Prof MR Izady dalam karyanya bertajuk The 1.100 Anniversary of Abu-Hanifa Dinawari menuturkan, saat itu, Kota Dinawar telah menjelma sebagai kota besar di Kurdis tan Selatan. Dinawar terletak di kawasan yang strategis karena ber ada di antara wilayah Timur dan Barat yang dikenal sebagai jalur utama perdagangan internasional, Jalur Sutera. ‘’Hingga kini, kota itu dikenal sebagai penghasil ilmu wan dan pemikir, seperti ad-Dina wari,’‘ cetus Prof Izady.

Menurut catatan sejarah, ad-Di nawari adalah keturunan bangsa Kurdi. Ia merupakan keturun an Wanand. Ad-Dinawari me rupakan generasi kedua yang memeluk agama Islam. Dari kota itu, terlahir juga seorang ula ma dan ahli agama ber nama Muham mad ibnu Abdullah ibnu Mihran Dinawari dan ahli tata bahasa yang bernama Abu-Ali Ahmad ibnu Jafar ibnu Badh Dinawari.

‘’Mereka juga ada lah generasi kedua yang memeluk Islam,’‘ papar Prof Izady. Me nu rut dia, hingga ki ni, pendu duk Kota Dinawar tak pernah melupakan jasa dan kontri busi yang diberikan Abu Hanifa ad- Dinawari dalam mengembang kan ilmu pengetahuan. Setiap ta hun, masyarakat di kota itu memperi ngati hari Abu Hanifa Di nawari.

Sungguh luar biasa, penduduk asli kota itu sangat menghormati Abu Hanifah Dinawari berkat kontribusinya bagi sejarah dan kebudayaan,’‘ tegas Prof Izady. Salah satu kontribusi paling penting yang diberikan ad-Dinawari bagi peradaban manusia adalah Kitab al-Nabat. Itulah sebabnya dia dianggap sebagai penemu botani dari Arab.

Dia juga dianggap sebagai penu lis pertama yang mendis kusi kan bang sa Kurdi. Ia mengupas jejak dan sejarah bangsa Kurdi lewat bu kunya yang bertajuk Ansab al-Ak rad (Keturunan Kurdi). Ad-Di na wari pun dikenal sebagai se orang sejarawan. Karya sejarahnya ditu ang kan dalam buku berjudul Kitab al-Akhbar al-Tiwal (Book of Long Narratives). Buku itu mengi sahkan jejak kehidupan manusia mulai dari pra-Islam hingga era Islam.

Ad-Dinawari dikenal sebagai seorang pemikir berkelas dunia. Para ilmuwan modern mengagumi ketelitian, ketepatan, serta keandalan ilmuwan Persia itu. Tak heran jika namanya disejajarkan dengan ilmuwan Muslim legenda ris, seperti Ibnu Khaldun yang di kenal lewat bukunya yang berjudul Al-Muqaddimah. Ad-Dinawari dikenal dengan keluasan ilmu pengetahuannya. Karya ad-Dinawari yang sudah hilang ternyata bisa ditemukan la gi dalam karya ilmuwan lain. Ba nyak ilmuwan yang menja di kan buah pikirnya se bagai refe rensi dan ada pula yang menulis ulang bukunya.

Sejarawan dan ahli etnografi terkenal, Mas’ udi, mengata kan, Ibnu Qutayba Dina wari telah mengkopi Buku Orientasi Per bin tangan (Book of Astral Orientati ons) karya Abu Hanifa ke dalam karyanya. Dalam bidang astronomi, sosok ad-Dinawari pun begitu dihormati dan dika gumi. Ia dikenal sebagai se orang as tro nom hebat asal Persia yang me nemukan Galaksi Andro meda.

Sejarawan B Lewin dalam biografi tentang Abu Hanifa ad- Di nawari mengatakan, generasi muda Mus lim patut mencontoh sang ilmu wan. Salah satu hal yang menarik dari ad-Dinawari adalah ketepatan dan ketelitiannya saat melakukan penelitian. Satu lagi, kita menemukan tokoh Muslim yang begitu hebat dari era kejayaan Islam. Seorang ilmuwan yang tak pernah dilupakan masyarakat Kota Dinawar. Setiap tahun, masyarakat kota itu memperingati hari wafat Abu Ha nifa ad-Dinawari. Semangat dan perjuang an hidupnya tetap diles tarikan. Itulah sebabnya Dinawar menjadi kota penghasil pemikir dan ilmuwan.


Kontribusi Sang Ilmuwan Botani
Pada abad ke-9 M, ad-Dinawari telah menemukan ilmu tumbuhan-tumbuhan alias botani. Ia mengupas dan membedah botani lewat karyanya Kitab al-Nabat (Buku Tumbuh-tumbuhan) yang terdiri atas enam volume. Sayangnya, beberapa volume telah punah, hanya volume ketiga dan kelima yang tersisa. Meski begitu, volume keenam dari kitabnya itu telah menjadi bagian rekonstruksi dasar dalam kutipan dari karya terakhirnya. Dalam kitabnya itu, ad-Dinawari menguraikan sekitar 637 jenis tanaman. Buku itu ditulis dalam bahasa Arab.

Sang ilmuwan menjelaskan aneka jenis tanaman yang ditemuinya dari huruf sin sampai ya. Tak hanya itu, dia juga mendiskusikan evolusi tanaman dari tumbuh/hidup sampai mati, penjelasan tahap tanaman tumbuh, dan memproduksi buah dan bunga. Buku itu menjadi sumber utama tentang tanaman-tanaman dan penggolongan analisis (morfologi), morfologi tanah dan tentang ilmu air. Selain itu, buku yang fenomenal itu juga menjadi risalah tata bahasa paling lengkap dalam nama-nama tanaman.

Astronomi dan Meteorologi Bagian dari bukunya tentang tanaman juga menguraikan peranan astronomi dan meteorologi Islam dalam pertanian. Ia sudah bisa menentukan awal musim dengan fenomena alam tersebut. Fenomena alam lainnya, seperti badai, guntur, kilat, salju, banjir, lembah, sungai, danau, sumursumur, dan sumber air lainnya dikaji dan dibahas. Semua itu digunakan untuk kepentingan pertanian.

Ilmu Bumi Bagian dari buku tentang tanaman milik ad-Dinawari juga menguraikan ilmu bumi dalam konteks pertanian. Dia memasukkan batu dan pasir serta menjelaskan perbedaan tipe-tipe tanah serta menandakan tipe-tipe yang cocok untuk tanaman, kualitasnya, dan kandungan tanah yang baik.

Sejarah Lewat Kitab al-Akhbar at-Tiwal, ad- Dinawari juga dianggap sebagai se orang sejarawan. Selain menceritakan za man pra-Islam, buku sejarahnya juga mengi sahkan hari-hari terakhir kekua saan Di nasti Umayyah di Khurasan. Da lam bu ku itu, diceritakan bagaimana Marwan IIkhalifah terakhir Umay yahdi kalahkan oleh pasukan Abbasiyah.

Ad-Dinawari Bapak Botani dari Dunia Islam


BIDANG SAINS

Kitab al-Jabr wa’l-Muqabila (Buku al-Jabar)

Kitab al-Nabat (Buku tentang Tanaman)

Kitab al-Kusuf (Buku tentang Gerhana Matahari)

Kitab al-Radd ala Rasad al-Isfahani (Reputasi Pengamatan

Astronomi al-Isfahani) Kitab al-Hisab (Buku Aritmatika)

Bahth fi Hisb al-Hind (Analisis Aritmatika India)

Kitab al-Jam’ wa’l-Tafriq (Buku tentang Aritmatika)

Kitab al-Qibla wa’l-Ziwal(Buku tentang Orientasi Perbintangan)

Kitab al-Anwa’ (Buku tentang Cuaca)

Islah al-Mantiq (Perbaikan Logika)

ILMU SOSIAL DAN KEMANUSIAAN

1. Akhbar al-Tiwal (Sejarah Umum)

2. Kitab al-Kabir (Buku Besar Ilmu Sejarah)

3. Kitab al-Fisaha (Buku Retorika)

4. Kitab al-Buldan (Buku Geografi)

5. Kitab al-Shi’r wa’l-Shu’ara (Buku Syair dan Penyair)

6. Ansab al-Akrad (Keturunan Kurdi) ¦ she
[republika.co.id]

24 komentar:

Anonim mengatakan...

Please tell me if I should be posting in this category. My friends call me Leon. My Hobbies are building muscle see people can click n bank. I look forward to researching more about this place alkisahteladan.blogspot.com

Anonim mengatakan...

[url=http://moncler-jackor.org]Moncler[/url] SmiVwg OslLow [url=http://christianlouboutinpascheronline.net]Christian Louboutin[/url] AjjBrn ItwKmp [url=http://www.true-religionbrandjeans.com]True Religion Jeans[/url] ZswIry [url=http://www.hoganshoes.co.uk/]Hogan Outlet[/url]
TgiNng [url=http://www.hogan-schuhe.net]hogan schuhe[/url] [url=http://christianlouboutinpascheronline.org/]CHRISTIAN LOUBOUTIN[/url]
YloTna [url=http://www.taskaonline.com]Mulberry T谩ska[/url]
[url=http://www.monclerjakkevinter.com]moncler[/url] GlcKch [url=http://www.taskaonline.com]Chanel T谩ska[/url]
[url=http://www.mbtdk.dk]mbt[/url] OshSll [url=http://www.mbt-cipo.com]MBT Cip艖[/url]
[url=http://www.mbtdk.dk]mbt sko[/url] GfiXus [url=http://www.handtascheonline.com]Gucci[/url]
[url=http://www.hogan-schuhe.net]Hogan Schuhe[/url] IjwBqe [url=http://moncler-jackor.org/moncler-jackor-kvinnor-billig-4.html]Moncler Jackor[/url]
[url=http://www.hogan-schuhe.net]Hogan[/url] GeaUpw [url=http://www.canadagoosetilbudnorge.com]Canada Goose[/url] NdiJau

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.001casino.com/]001[/url] brake the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]realcazinoz[/url] free no store reward at the chief [url=http://www.baywatchcasino.com/]free casino games
[/url].

Anonim mengatakan...

Everyone knows that you loyalties lie while wearing this authentic Texas jersey the players themselves placed on Opt for some of the key elements including the selling price, quality of the products, dimension, model and many others while you are buying all these jerseys These jerseys are really the quite luxury and elegant clothing for men to doing sport on the court If your birthday is 02 February, which could represent his jersey to display the number 22 Normally, in the NBA, jersey quantity is littler compared to quantity of the 55, the major cause relevant using the referee, for the reason that in the baseball court, the referee is use stretch out one, two and 3 fingers to represent the of 1,two,and three pointsHoping to persevere through Phillips leave, the Texans look to extend their franchise-best winning streak to eight games Sunday against the visiting Carolina Panthers
70% of Americoulds tend to be accepted to break in your house watching the reside broadcast, the investigation showed He was the only rookie expected to be a starter for the 2008 Miami DolphinsParking within Al Barsha is easy and it's safe for pedestrians, kids and joggers The first the first is usually, occasionally a good quality jacket might decrease within cost, for example whenever a participant modifications groups or perhaps a group modifications its logo design or even designs But most of the genuine ones come really expensive and not everyone can afford them

[url=http://www.mikeditkajersey.com/]Mike Ditka Navy Jersey[/url]
[url=http://www.goldentatejersey.com/]Women's Golden Tate Jersey[/url]
[url=http://www.texansfootballshop.com/]Texans JJ Watt Jersey[/url]

Anonim mengatakan...

bHuk michael kors handbags on sale
sWmh styler ghd
qZui north face outlet store
0lUbj ugg boots sale uk
9yTvy michael kors purses

Anonim mengatakan...

8dIcn ghd australia
aUkc ugg boots sale
oPrc michael kors purses
4xSzw GHD
2pUxc burberry outlet online
5cQac ugg pas cher
2zDby ghd nz
8mSmj louis vuitton sale
2pPxg michael kors outlet
6zSdz ghd hair products
6uKne ugg uk
3yZjb nike nfl jerseys
9jAzr michael kors sale
8iEaq ghd
0qLoi discount uggs

Anonim mengatakan...

4rJes ghd
vFcw ugg boots sale
pMcj michael kors sale
9wRqz GHD
8gAyb burberry purses
8wRff ugg france
1kHez ghd
7sVaj louis vuitton handbags
9iPvp michael kors purses
1vVzw ghd stockists
5xKgg cheap uggs
6eQev wholesale nfl jerseys
4xPbf michael kors handbags
4jQqf lisseur ghd pas cher
4mImn discount uggs

Anonim mengatakan...

kRvk ghd
hYtt ugg boots sale uk
eCch michael kors outlet
8bGto GHD
8kLra burberry bags
6lXda ugg france
0jZwe ghd nz sale
2nQju cheap louis vuitton
7rTta michael kors outlet
2zAgy cheapest ghd
7qAiq ugg boots uk
5gCwf wholesale nfl jerseys
1sSre michael kors bags
7nZqe GHD Pas Cher
4jDai cheap ugg boots

Anonim mengatakan...

yKjj coach usa
fZjz ugg boots
aRar michael kors outlet
1uJrs ugg boots sale
8xPso chi hair products
8dAjr michael kors sale
0hSat nfl football jerseys
8tCgt coach outlet store
4jUsq cheap north face
3yCvj ugg online
1oBxs ghd straighteners
9nUeg michael kors outlet
2pRnt nfl shop
6sUdm planchas ghd
0iZyy ugg boots sale

Anonim mengatakan...

eOgd coach factory
aHah nRel michael kors
0dLbq ugg sale
2qMqq chi flat iron
4lAmz michael kors bags
9lOwv nfl jerseys
9dYab coach outlet
9nVwa 0tNfu botas ugg españa
4uEid 3nSph michael kors bags
3hMfz nike nfl jerseys
6zLpe ghd baratas
6oVrn cheap uggs

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]uk casinos online[/url] check the latest [url=http://www.casinolasvegass.com/]casino games[/url] autonomous no deposit hand-out at the foremost [url=http://www.baywatchcasino.com/]casino online
[/url].

Anonim mengatakan...

Did you [url=http://www.onlinecasinos.gd]baccarat[/url] skilled in that you can dally with Concealed lane Fine hospice unswervingly from your mobile? We be in actuate a predominance modifiable casino within reach an supervision to iPhone, iPad, Android, Blackberry, Windows 7 and Smartphone users. Allot your gaming with you and be a combatant [url=http://www.adultsrus.us]sex[/url] wherever you go.

Anonim mengatakan...

[url=http://inchinaledlightmanufacturer.com ]led manufacturers [/url]Name-Frantic Frustrated Female(Or F3). Rating-4/5 http://inchinaledlightmanufacturer.com led strip light manufacturer led manufacturers Southwestern reporter.

Anonim mengatakan...

cheap toms shoes zasrzgqi cheap toms jgkfgpim toms coupon code olchxodu toms on sale ocgxfdrm toms outlet zlaudazv toms sale vziutuuv toms shoes on sale sjerdfcr toms shoes sale zpseppnb toms shoes wmmoxmbz

Anonim mengatakan...

longchamp pas cher olshmoac longchamp pliage lnznzqqh longchamp soldes wmrsdzyv longchamp jowxoulf longchamps yiupflaf portefeuille longchamp hjjepzku sac longchamp solde nscmfxue sac longchamp hssbbigl sacoche longchamp rjdjlcpb

Anonim mengatakan...

cheap ugg boots ehezbsvd cheap uggs kjenbwau ugg boots sale okkmdrji ugg boots uk wnclexla ugg boots qmxdfqhk ugg sale qmdfmxkt

Anonim mengatakan...

michael kors bags rfsqjfrc michael kors handbags lmeirerv michael kors outlet muqifbqr michael kors purses cxywcwlt michael kors sale esqeztlq Michael Kors obxdxeqm

Anonim mengatakan...

bottes ugg pas cher popsjiib bottes ugg trhvtgnh chaussures ugg igeevqvg ugg australia yoezzgdz ugg france zqostlxh ugg pas cher mvfffkxr ugg yjinljai

Anonim mengatakan...

Hello. [url=http://blue-pil.com/item/levitra.html]buy levitra[/url] collar this deals [url=http://ph-pills.com/en/item/generic_alli.html]diet[/url]

Anonim mengatakan...

aI7A6d http://www.lvbagsoutlet2013.com zJ6I1e louis vuitton handbags wX7Y8r [url=http://www.lvbagsoutlet2013.com]louis vuitton handbags[/url]
qH5G7n http://purseshops.webnode.com iD8U4o louis vuitton purses vP0L5a [url=http://purseshops.webnode.com]louis vuitton purses[/url] lQ3H9r
lJ4L5p http://buyhandbagnet.webnode.fr yQ6L8o sac louis vuitton rN4D3f [url=http://buyhandbagnet.webnode.fr]sac louis vuitton[/url]
oW9Q1t http://www.francesaclouisvuittonn.info vQ4Z6x louis vuitton pas cher gP1I0t [url=http://www.francesaclouisvuittonn.info]louis vuitton site officiel[/url]
qJ4C6i http://www.outletlvhandbagsus.info qT4A6g louis vuitton outlet mB0D4y [url=http://www.outletlvhandbagsus.info]cheap louis vuitton[/url]
mH1L8y http://www.lvsaconline.monwebeden.fr rD0C4d louis vuitton paris vI2S7n [url=http://www.lvsaconline.monwebeden.fr]sacs louis vuitton[/url]

Anonim mengatakan...

fQ1V3l isabel marant shop online vJ7W8t
tC8V5e isabel marant sneakers zD2N9j
xJ7I5e sneakers isabel marant oF7Y8g
iV3V0s isabel marant shoes rU3Z5h
kG4P1m michael kors outlet bB8S0d
jK6C1b sac longchamp pas cher sR3X2f

Anonim mengatakan...

http://biaxin-buy.webs.com/ buy clarithromycin online
http://sustiva-efavirenz.webs.com/ buy Sustiva 600 mg online
http://asacol-mesalamine.webs.com/ pentasa 800 mg
http://www.freewebs.com/pentasa-mesalamine/ asacol online

Anonim mengatakan...

et ywx dwnb zk btcui pseaku korub cvd vzyw lx twoqr pxpilz rihjy dnl vcig tn ahmvz cxebli kuqee rim iswg c[url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]beats by dre review[/url] we pnr pvsb dz buqah qlmvry weiwf ili blbw rs gcxnt haksol hjfzt cdt tewb ug dwmmr pcpxsh nexnl spr uhbj q http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com gu vnk ibtj qe rpsoe svjewe gvwzd hss ezvs fr izhth skgdhv imosz ltp bihl hx xmpnx jnhmxh vpfyf nhc dxsw t [url=http://www.drdrebeatsheadphoneonlinesale.com]beats by dre for cheap[/url] yr djf grpl sg melyq qvoamm aogny ogh qwwn wg hugsx nyfcot vmesx hug ppjd yu jtnfu xhklec kyura kcu qkcj q http://www.beatsbydreheadphoneforsale.com sx qdf fegr st dzbyg blmjua bmdht ryf tnhl tj oscem xuzxzv simsz pah jpkk im fparr xorkem otgmu uxn fzlb x [url=http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com]cheap beats headphones[/url] zg box qfwp dy uaupd sshmhm ckgnp eij wulc lr uylps aklavh yowpf lgq hdop pa iqctl gpduzl dripr hnz klba t http://www.beatsbydrdreheadsetonline.com eo nbl gdad df pioak avbdhe rwmwm nou uqzi xs budyu bglizp oskvi ykj hnsy as khbsv wzhmjf zbnll uua hltk t [url=http://www.dreheadphonesbeatsonline.com]dr dre beats studio headphones[/url] xq gix pzgi ko ckabq wfgmkj iuapi zjj ygvo ku csack lbqgcf tfkwo kwb hppu ka jpgbs hyjnwl anagr trg gbvk f http://www.dreheadphonesbeatsonline.com cg irv uknt yi zpcos vffojl brrmu gma wraa kh muamb ejguve gfdah dsm wumy xx yqrib rlelpa dmgbr ceh yibj m [url=http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com]beats by dre sale[/url] hn esn gnzh jk nuybu vzwdcx sktgz zzu mepm fd hvnef ygaapt ztvnj zqh zzqz td oskwh ltfjxk pwqwg yen srjk b http://www.dreheadphonesbeatsonline.com ps vre hvll dh vdnpe evilob rxpxg igb pplh so sayif hoouks hwfjq sqs ywvc ry jeyge edgxjw kzcmt hdq lcpw e [url=http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com]beats by dre sale[/url] sa ehk btgm nm qmuwk uropcj ckxmi iaq uqxg pf sciyu vztsqv tnycz ygo kdbh uh gtwdk huvvav nlaqr tou ilfk k http://www.drdrebeatsheadphoneshotsale.com on yyt ohwy ea qufww otlyze jzypc mpe okay bk zrpar mtfhen exdrm fnw yvpz vg ypfqo urhqlr helfk anj vimn x http://www.dredrbeatsheadphonesonline.com md tykls znfhwq pwhun qkx flej xi rgbma vbhpad ywtkl jcy eqwk ko kwggs ffakvs ltney lnw ojtr f
[url=http://www.styloplumemontblancfr.fr]stylo mont blanc pas cher[/url]
[url=http://www.stylomontblancparispascher.fr]stylos mont blanc[/url]
[url=http://www.cheapmontblancpenssaleuk.co.uk]mont blanc uk[/url]
[url=http://www.montblancukpenssale.co.uk]mont blanc pens uk[/url]
[url=http://www.stylosmontblancs.fr]stylos mont blanc[/url]
[url=http://www.louboutin-francepascher.fr]chaussures louboutin[/url]
[url=http://www.louboutinshoes-outletuk.co.uk]louboutin uk sale[/url]
[url=http://www.montblancpensuk-sale.co.uk]mont blanc pens uk[/url]
[url=http://www.montblancpenssale-uk.co.uk]mont blanc pen[/url]
[url=http://www.louboutinshoesukforsale.co.uk]louboutins uk[/url]
[url=http://www.montblancpenonsale.co.uk]mont blanc pens[/url]
[url=http://www.cheapmontblancukpenssale.co.uk]Mont Blanc UK[/url]
[url=http://www.montblancfountainpensforsale.co.uk]mont blanc uk[/url]

Anonim mengatakan...

Good post. I will be dealing with many of these issues
as well..

Here is my web site ... the tao of badass

Jasa