“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-MalaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya!” (al-Ahzab: 56)

Exchange Links/Tukeran Links

Exchange Links: Tempat Exchange Links

Selasa, 09 Agustus 2011

Museum Sibernatika Al Jazari

Museum Sibernatika Al Jazari di Turki


Hasil karya ilmuwan Muslim pertama di bidang sibernatika segera ditampilkan di sebuah museum baru yang akan dibangun di Provinsi Mardin, Turki.

Menurut Gubernur Mardin Turhan Avyaz, Kamis (04/8), Museum Sains Al Jazari yang menampilkan hasil kerja dan penelitian ilmuwan dan pemikir Muslim paling berpengaruh, Al Jazari, akan dibangun di lingkungan situs bersejarah Madrasah Kasimiye.

Biaya pembangunan museum dialokasikan sebesar USD 3 juta. Museum ini nantinya diharapkan menarik banyak wisatawan terutama dari Timur Tengah.

Hingga kini rancangan lansekap museum telah rampung dan 70% hasil kerja Al Jazari yang akan dipamerkan telah tiba di kota tersebut.

Al Jazari yang bernama lengkap Abu Al Iz bin Ismail bin Al Razaz Al Jazari adalah seorang ilmuwan Iraq, penemu, insinyur mekanik, perajin, seniman, pakar matematika dan astronom yang berasal dari wilayah Mesopotamia. Al Jazari hidup pada kejayaan Islam (1136–1206 M).

Al Jazari paling dikenal dengan karyanya "Kitab fi Ma'rifat Al Hiyal Al Handasiyya" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul "Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices". Dalam buku itu Al Jazari menjelaskan puluhan alat-alat mekanik beserta petunjuk bagaimana cara membuatnya.

Al Jazari dipandang sebagai sebagai salah satu bapak moderen teknik mesin karena penemuan-penemuan fundamental yang dihasilkannya. Ia juga dianggap sebagai pelopor ilmu robotika, karena dialah yang pertama kali membuat rancangan robot yang dapat diprogram secara mekanik.

Banyak orang mengira Leonardo da Vinci adalah pencipta robot pertama di tahun 1495 dan berbagai macam alat mekanik lainnya. Padahal sesungguhnya Al Jazari lebih dari 1.200 tahun sebelum Da Vinci lahir telah menciptakan berbagai alat mekanik tersebut lebih dahulu, berikut penjelasan lengkapnya.*
sumber:hidayatullahdotcom